Google Analytics
Google Analytics adalah layanan gratis dari Google
yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat
menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin
pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang
terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google
Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang
dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan
dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Aplikasi
Google Analytics dapat di akses melalui alamat http://google.com/analytics/.
Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari
website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat
report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau
bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki
akun Google.
Secara umum fungsi Google Analytics adalah :
1. Mengetahui jumlah pengunjung berdasarkan rentang
waktu tertentu, perhari, perminggu, perbulan atau jumlah total. Jumlah
pengunjung juga bisa dikategorikan pada pengunjung baru (new visitor) dan
pengunjung berulang (returning visitor)
2. Halaman atau artikel yang paling sering dikunjungi
berikut jumlah total kunjungan pada masing-masing halaman
3. Mengetahui berapa lama rata-rata waktu yang
dihabiskan pengunjung di blog
4. Mengetahui sumber kedatangan pengunjung. Pilihannya
adalah Mesin pencari (search engine), Pengunjung langsung (direct
traffic), dari website lain (referring website) dan lainnya (other)
5. Mengetahui asal negara pengunjung
Fungsi Khusus Google Analytics
Google Analytics juga memberikan laporan yang lebih
detail tentang pengunjung. Berikut ini hal-hal detil yang aku ketahui bisa
didapat dari Google Analytics :
1. Pengunjung (Visitors)
Pada bagian ini, anda dapat melihat laporan mengenai :
1. Total Kunjungan
2. Total kunjungan baru (pengunjung yang baru
pertama kali datang ke blog anda)
3. Rata-rata waktu yang dihabiskan oleh
pengunjung di blog
4. Kesetiaan pengunjung. Ini dilihat dari data jumlah
kunjungan seseorang ke blog anda. Jika berulang maka pengunjung ini
dikategorikan sebagai pengunjung setia
5. Persentasi pengunjung baru dengan total
kunjungan
6. Asal negara pengunjung dan bahasa yang
digunakan pengunjung
7. Jenis browser dan sistem operasi yang
digunakan pengunjung
8. Resolusi monitor pengunjung
9. Jenis gadget yang digunakan pengunjung (Komputer,
Handphone) dan sistem operasi handphone yang digunakan pengunjung
10. Kecepatan koneksi pengunjung
11. ISP pengunjung berikut nama ISP tersebut
2. Sumber Trafik (Traffic Sources)
Google Analytics juga memberikan laporan detil tentang
dari mana pengunjung menemukan blog kita. Hal-hal yang bisa dilihat adalah :
Asal kunjungan. Seperti yang aku sebutkan sebelumnya,
asal kunjungan dikategorikan berdasarkan kunjungan dari search engine, website
refferal dan kunjungan langsung. Kita bisa mengambil kesimpulan hal-hal manakah
yang mendatangkan pengunjung terbanyak ke blog kita. Apakah dari optimasi SEO
(Search Engine), kegiatan blogwalking dan tebar backlink (Referring Sites) atau
dari kunjungan langsung (promosi dari selain blogwalking dan tebar backlink)
Persentase asal kunjungan. Bloghery.info contohnya,
mendapatkan lebih dari 78% pengunjungnya dari google.com dan google.co.id, 13%
kunjungan langsung, facebook.com 1.34% selain dari kaskus.us dan twitter dengan
porsi yang lebih kecil. Data ini diambil dari rentang waktu 9 Sept 2010 hingga
saat artikel ini ditulis
Keyword yang menjadi sumber trafik. Dari sini bisa
dinilai bagaiman efektivitas susunan keyword yang menjadi magnet bagi
pengunjung blog. Aku mendapati blog ini menikmati kucuran trafik yang cukup
deras dari keyword perihal mengganti logo blogger pada address bar (favicon)
3. Konten (Content)
Pada bagian konten, aku bisa melihat laporan yang
rinci mengenai :
Artikel/Posting mana yang paling banyak dikunjungi
Artikel paling akhir yang dibaca oleh pengunjung
sebelum meninggalkan blog. Dari poin 1 dan 2 ini bisa diambil kesimpulan apakah
pengunjung cukup tertarik dengan artikel-artikel lain di blog kita. Jika poin 1
dan 2 mengacu pada judul artikel yang sama, secara kasar bisa disimpulkan bahwa
konten di blog kurang menarik perhatian pengunjung
Demikianlah, secara garis besar dengan memahami hasil
laporan dari Google Analytics kiranya kita bisa mengevaluasi perbandingan
antara tujuan pembuatan blog dengan hasil yang ditunjukkan. Jangan sampai
tujuan pembuatan blog tidak sama dengan hasil yang kelihatan.
Sumber : wikipedia.org dan penambahan oleh penulis.